Laporan bacaan 10

 Nama : Nurul Hafizah 

Nim : 11901186

Kelas : PAI 4 D


Judul: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter


Penulis: Darmiah


Penerbit: UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh




Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) yang ada di sekolah mempunyai sebuah tujuan yaitu agar para siswa mampu mengamalkan ajaran agama yang dianut nya. Keberhasilan dalam pembelajaran pendidikan agama islam tergantung dalam pembelajaran nya. Apabila sasarannya sesuai dengan perintah Al-Qur'an dan sunnah Rasul maka siswa memiliki intelektual yang luas dan juga kesadaran spritual nya meningkat.


Dalam pengembangan karakter siswa ada beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi akhir. Dalam hal ini lembaga pendidikan merupakan lembaga yang utama untuk memanfaatkan secara optimal dan semaksimal mungkin terhadap lingkungan belajar yang ada, tujuan nya untuk mengupayakan, memperbaiki, membina dan menyempurnakan proses pembentukan karakter.


Strategi merupakan sebuah haluan besar yang harus dicapai sasaran nya seperti yang sudah ditentukan. Maka dari itu, strategi dalam proses pembelajaran harus tepat dan sesuai dengan yang diharapkan.


Jika dikaitkan dengan pendidikan dalam garis besar terdapat 3 strategi, yaitu :


1.Jika dilihat dari segi proses pembelajaran yang di didik secara umum ada tiga strategi dalam pembelajaran yaitu:


a.Pendekatan individualistik


b.Pendekatan sosial/kelompok


c.Pendekatan campuran


2.Pendekatan Umum Pembelajaran Pendidikan Islam, ada beberapa cara yaitu:


a.Pendekatan rasional


b.Pendekatan emosional


c.Pendekatan fungsional


d.Pendekatan pengalaman


e.Pendekatan keterampilan proses


f.Pendekatan pembiasaan


g.Pendekatan keimanan dan klarifikasi nilai


3.Pendekatan khusus pembelajaran PAI, secara khusus ada 5 pendekatan, yaitu:


a.Pendidikan dengan keteladanan


b.Pendidikan dengan adat kebiasaan


c.Pendidikan dengan nasehat


d.Pendidikan dengan memberikan perhatian


e.Pendidikan dengan memberikan hukuman


4.Strategi pembelajaran kasus


5.Strategi pembelajaran targhib-tarhib


Jadi, pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang dipastikan dapat membangun akhlak atau karakter sebuah bangsa atau masyarakat. Namun, tergantung kepada strategi pembelajaran yang digunakan. Penggunaan strategi yang tidak tepat dipastikan tidak akan dapat mencapai hasil yang telah ditetapkan. Para guru PAI juga perlu bertindak tegas dengan hukuman fisik yang dapat memberikan efek jera kepada siswa yang tidak patuh kepada ketentuan yang telah ditetapkan dengan memperhatikan nilai hak asasi manusia (HAM)

Komentar