Laporan bacaan 7
Nama : Nurul Hafizah
Nim : 11901186
Kelas : Pai 4
Struktu laporanbacaan
Struktur laporan bacaan ini adalah (1) pendahuluan, (2) laporan bagian buku, (3) komentar dan (4) penutup. Satu persatu akan dibahas dibawah ini.
A.PENDAHULUAN
Judul :Membaca Cepat dan Efektif
Penulis :Drs.Nurhadi
Penerbit :Sinar Baru Algensindo, 2010
Kota Terbit :Bandung, cetakan kelima, September 2010
Ukuran Buku :21cm
Tebal Buku :ix + 189 halaman
Garis besar buku Drs.Nurhadi yang berjudul Membaca Cepat dan Efetif terdiri atas 6 bab,yakni:
1.Bab 1 membahas materi tentang Mengapa Perlu Membaca Cepat dan Efektif,Masalah Umum Yang di Hadapi Pembaca,Beberapa Pandangan Yang Salah Terhadap Pembaca,Mungkinkah Kecepatan Membaca Itu Ditingkatkan.
1.1 Mengapa Perlu Membaca Cepat dan Efektif ?
A.Mengenali Hakikat Proses Membaca
Mengapa kita dituntut untuk menjadi pembaca yang cepat dan efektif ? pertama yang perlu diingat iyalah bahwa membaca itu adalah sebuah komfleks dan rumit.Kompleks artinya dalam proses membaca terlibat berbagai faktor internal dan eksternal pembaca.Faktor internal dapat berupa intelegensi ( IQ ), minat, sikap, bakat, motifasi, tujuan membaca dan sebagainya.Sedangkan faktor eksternal bisa dalam bentuk sarana membaca,teks bacaan (sederhana,sulit,berat,mudah ),faktor lingkungan,atau faktor latar belakang sosial ekonom,kebiasaan,dan tradisi membaca.
Kita semua sepakat bahwa membaca pada hakikatnya adalah proses berpikir.Ingat apa kata seorang ahli pembaca yang bernama Edward L.Thorndike,Reading as thinking dan Reading as Reasoning.Artinya,bahwa proses membaca itu sebenarnya tak ubahnya dengan proses ketika seorang sedang berpikir atau bernalar.
B.Tuntutan Realitas Sehari-hari
Berapa juta eksemplar surat kabar terbit berhari-hari ini diseluruh dunia ? dalam berbagai jenis seperti majalah,maupun buku pelajaran dan sebagainya.Jelas semuanya tidak mungkin kita baca akan tetapi pada jenis-jenis tertentu yang sesuai dengan kepentingan kehidupan kita yang perlu dibaca.Karena betapa peran membaca sedimikian besar merasuk kesegala segi kehidupan moderen dewasa ini meskipun muncul media-media yang lain seperti tv, radio, peran membaca tidak bisa digantikan dengan sepenuhnya.
1.2 Masalah Umum Yang Dihadapi Pembaca
1) Rendahnya tingkat kecepatan membaca
2) Minimnya pemahaman yang diperoleh
3) Kurangnya minat baca
4) Minimnya pengetahuan membaca cepat dan efektif
5) Adanya gangguan-gangguan fisik yang secara tidak sadar menghambat kecepatan membaca.
1.3 Beberapa Pandangan Yang Salah Terhadap Pembaca
1) Pandangan yang menganggap bahwa membaca merupakan kegitan reseptif.
2) Membaca sebagai proses mengingat
3) Kurangnya perhatian terhadap membaca lanjut
4) Membaca bila hanya perlu saja.
1.4 Mungkinkah Kecepatan Membaca Itu Ditingkatkan ?
Beberapa kelemahan dan hambatan membaca telah dijelaskan diatas,sebagai masalah umum sifatnya dialami setiap orang.Alternatif pemecahan untuk ini iyalah usaha meningkatkan dan mengembangkan kecepatan membacanya.Langkah praktis nya adalah belajar teori membaca cepat dan mengembangkannya sendiri.
2.Bab 11 Meningkatkan Kecepatan dan Keefektifan Membaca
Dibab ini kita akan membahas materi tentang kecepatan membaca dapat ditingkatkan,hakikat membaca cepat dan keefektifan membaca,Mengukur kecepatan membaca,kemampuan membaca yang dikembangkan dalam membaca cepat,pembaca yang efektif dan tidak efektif.
2.1 Kecepatan Membaca Dapat Ditingkatkan
Ada kecendrungan anggapan bahwa seorang pembaca lambat itu berhubungan dengan kecerdasannya,tidak selalu demikian,seorang pembaca yang lambat barangkali hanya tidak tahu bagaimana cara membaca cepat,sehingga apa yang dilakukannya tidak efisien.Secara teoritis kecepatan membaca itu dapat ditingkatkan menjadi dua sampai tiga kali lipat dari kecepatan semula.Bukti yang pernah adalah apa yang dilakukan Jhon A.Broyson dari Universitas Florida,dia melatih tiga orang untuk ditingkatkan kecepatan membacanya.
2.2 Hakikat Membaca Cepat dan Keefektifan Membaca
Membaca cepat artinya membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya.Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca,keperluan,dan bahan bacaan.Artinya seorang pembaca cepat yang baik,tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan diberbagai cuaca dan keadaan membaca.Penerapan kemampuan membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya,aspek bacaan yang digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan.
Efektif artinya peningkatan kecepatan membaca itu harus diikuti pula oleh peningkatan pemahaman terhadap bacaan.Pembacaan yang efektif dan kritis tahu tentang apa yang perlu digalinya dari bahan bacaan secara cepat,mengabaikan unsur-unsur yang kurang penting serta membuang hal-hal yang tak diperlukan.Pada beberapa kasus terbukti bahwa peningkatan kecepatan membaca akan diikuti oleh persentase pemahaman terhadap bacaan.
Seorang pembaca efektif melihat setiap baris bacaan hanya pada satuan-satuan pikiran yang ada.biasanya berupa frase-frase,klausa-klausa,atau kata-kata kunci.Jadi bagian bacaan yang dilihat semakin sedikit.Akibatnya,perpindahan gerak mata semakin cepat dan pada akhirnya kecepatan membaca dapat ditingkatkan.Ia tidak memahami kata demi kata sesuai dengan makna aslinya (dalam kamus), tetapi melihat makna kata sesuai dengan konteks kalimatnya.Dengan demikian, pemahaman juga dapat ditingkatkan.
2.3 Mengukur Kecepatan Membaca
Kecepatan membaca biasanya diukur dengan berapa banyak kata yang terbaca setiap menitnya, dengan pemahaman rata-rata 50%, atau dengan kata lain berkisar antara 40-60%.Pada taraf pemahaman sekian,kecepatan membaca yang anda ukur dianggap memadai.Misalnya,ada sebuah teks bacaan dari 1000 kata.Bila teks ini selesai and abaca dalam 1 menit maka kecepatan membaca anda adalah 1000 kata permenit.Bila teks itu anda selesaikan dalam 2 menit,maka kecepatan membaca anda 500 kata permenit.Demikian pula bila terselesaikan dalam 3 menit maka kecepatan itu menjadi 333 kata permenit.Dan seterusnya.Mungkin dalam 2 menit 10 detik,bergantung pada kemampuan masing-masing.
Cara yang agak rumit tetapi akurat dalam mengukur kecepatan membaca sbb:
1) Tandailah dimana anda mulai membaca.
2) Bacalah teks tersebut dengan kecepatan anda yang menurut anda memadai.
3) Tandailah akhir anda membaca ( kalimat akhir,bila bacaan itu pendek ).Usahakan mencari bacaan yang berisi sekitar 1000-1500 kata saja.
4) Catat waktu anda mulai membaca( jam….,menit…,detik…, )
5) Catat waktu berakhirnya membaca( jam….,menit…,detik…,)
6) Hitunglah berapa waktu yang anda perlukan ( dalam detik )
7) Hitunglah jumlah kata dalam teks yang dibaca ( ingat,tanda-tanda baca itu dihitung ).
8) Kalikan jumlah kata dengan bilangan 60 ( 1 menit=60 detik ).
9) Bagi hasil perkalian tersebut dengan jumlah waktu yang anda perlukan untuk membaca tadi,maka hasilnya adalah ”jumlah kata permenit”
2.4 Kemampuan Membaca Yang Dikembangkan Dalam Membaca cepat
1) Meningkatnya kemampuan membaca sampai dua, tiga kali lipat ( dapat mendemonstrasikan membaca cepat sebagai sarana meningkatkan kecepatan membaca);
2) Meningkatan pemahaman terhadap bacaan;
3) Meluasnya jangkauan gerak mata sebagai sarana meningkatan kecepatan membaca;
4) Berkurangnya kesalahan-kesalahan dalam gerak mata yang menghambat kecepatan membaca;
5) Menghilangkan kebiasaan-kebiasaan jelek yang menghambat kecepatan membaca.
2.5 Pembaca Yang Efektif Dan Yang Tidak Efektif
1.Anda dikatakan sebagai pembaca yang kurang efektif bila:
· Membaca dengan kecepatan rendah,umum nya antara 100-200 kata permenit atau kurang.
· Membaca dengan kecepatan konstan untuk berbagai cuaca dan kondisi pembaca.
· Gerak mata diarahkan atau dipusatkan pada kata demi kata dan memahami secara terputus.Banyak terjadi pengulangan gerak mata.
· Menggerakkan bola mata 8-12 kali atau lebih pada setiap baris bacaan.
2.Anda dikatakan sebagai pembaca yang efektif bila:
· Membaca dengan kecepatan tinggi biasanya berkisar antara 325-450 kata permenit atau lebih.
· Konsentrasi terhadap bahan bacaan sempurna.
· Waktu membaca,secara fisik diam.
· Membaca dengan sikap aktif,kritis,kreatif.
· Menggerakkan bola mata 3-4 kali pada setiap baris bacaan.
3.Bab 111 Metode Mengembangkan Kecepatan Membaca
Dibab ini kita akan membahas materi tentang Beberapa Metode yang Pernah Dikembangkan,Mengembangkan Kecepatan Membaca Melalui Metode Gerak Mata,Macam-macam Gerak Mata Pada Membaca Cepat,Tipe-tipe Pembaca yang Tidak Efisien.
3.1 Beberapa Metode Yang Pernah Dikembangkan.
1.Metode Kosakata
Metode kosakata adalah metode mengembangkan kecepatan membaca melalui pengambangan kosakata.Artinya,metode ini mengarahkan perhatian pada aspek perbendaharaan kata seorang pembaca.Bagaimana caranya ? kosakata seorang itu terbatas jumlahnya,dan akan selalu berkembang terus sesuai dengan kemampuannya menambah kosakata itu setiap hari.Latihan meningkatkan dan menambah kosakata baru dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak inilah prinsip metode kosakata diatas.
Dasar pikiran metode ini sudah jelas,yaitu semakin besar dan semakin banyak perbendaharaan kata seorang,semakin tinggi kecepatan membacanya.Inilah prinsipnya.Akan tetapi,tampaknya metode ini tak banyak dipakai orang sebab nyatanya perbendaharaan kata yang besar tidak menjamin kecepatan membaca seseorang.
2.Metode Motivasi ( Minat )
Mengapa di sebut metode motivasi atau minat? Aneh nampaknya.akan tetapi begitulah metoe ini di sebut orang.cara krjanya ialah memotivasi para pemula(pembaca yang mengalami hambatan dalam membacanya) dengan berbagai macam rangsangan bacaan yang menarik sehingga tumbuh minat membacanya.Dari sini kemudian diharapkan muncul kebiasaan membaca yang tinggi,yang pada akhirnya meningkat pula kecepatan dan pemahamannya terhadap bacaan.
3. Metode bantuan alat
Metode ketiga yang pernah dikembangkan untuk meningkatkan kecepatan dan kecermatan membaca anak didik adalah melatih kecepatan membaca itu dengan bantuan alat.ketika seorang membaca(melihat garis-garis bacaan),gerak matanya di percepat dengan bantuan alat yang berupa ujung pensil,ujung jari,atau alat petunjuk khusus dari kayu.Gera mata dibantu oleh gerak ujung alat yang di gunakan.pertama dengan kecepatan rendah,kemudian di percepat, dipercepat,dan terus dipercepat.jadi,kecepatan mata mengikuti kecepatan gerak alat.Menggunakan metode ini memperoleh hasil cuup memuaskan.
4.Metode Gerak Mata
Metode gerak mata adalah metode yang paling banyak dipakai dan di kembangkan orang saat ini,baik untuk pengajaran membaca permulaan,maupun bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kecepatan membacanya.Bagaimana metode ini di terapkan?jawabnya mudah,yaitu mengembangkan kecepatan membaca dengan meningkatkan kecepatan gerak mata.Kok,bisa?ya,karena kecepatan membaca itu sendiri berarti kecepatan gerak mata dalam menelusuri unit-unit bahasa dalam bacaan.
Komentar
Posting Komentar