Laporan bacaan 9

 Nama : Nurul Hafizah 

Nim : 11901186

Kelas : Pai 4D


Judul : Management Sekolah Berbasis ICT

Penulis : Nurdyansyah, M.Pd. & Andiek Widodo, M.M.

Penerbit : Nizamia Learning Center

Cetakan : Kedua, Juni 2017

Tebal : vi + 155 hlm.; 14 cm x 21 cm


PENDAHULUAN

Buku yang dilaporkan adalah buku yang berjudul Management Sekolah Berbasis ICT yang ditulis oleh Nurdyansyah, M.Pd. & Andiek Widodo, M.M. Diterbitkan oleh Nizamia Learning Center, cetakan kedua pada bulan Juni tahun 2017, dan memiliki tebal 155 halaman.

Buku ini menekankan pada konsep manajemen berbasis Sekolah, Fungsi manajemen, system pengelolaan sekolah bermutu dan model pembelejaran berbasis ICT. 

Buku ini terdiri dari lima bab dengan penekanan yang berbeda-beda setiap babnya. Setiap bab juga telah disusun secara sistematis sesuai urutan materi dan tahapan pemahaman tentang manajemen sekolah berbasis ICT. 

Melalui buku ini diharapkan dapat memberikan modal pengetahuan bagi para pengamat pendidikan serta para pimpinan satuan pendidikan. Selain itu, juga diperuntukkan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan buku ini dan menjadi rujukan referensi.


LAPORAN BAGIAN BUKU

Penulisan buku Manajemen Sekolah Berbasis ICT ini diharapkan bisa menjadi bahan bacaan dan referensi agi para pemerhati pendidikan khususnya bagi civitas akademika di Sekolah atau madrasah.


BAB I : MANAGEMENT SEKOLAH

Pada BAB ini, penulis menyajikan tentang Konsep Manajemen Berbasis Sekolah, Prinsip Manajemen Sekolah, Ruang Kajian Manajemen Sekolah, serta Fungsi-Fungsi Menajemen.


Penulis menuliskan pada bagian ini bahwa Manajemen Sekolah bermutu merupakan salah satu model pengelolaan yang memberikan otonomi kepada madrasah atau Kepala sekolah untuk pengambilan Pengambilan Kebijakan partisipatif secara langsung sesuai dengan standar pelayanan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota.


BAB II : MENGELOLA SEKOLAH BERMUTU

Pada BAB ini penulis menyajikan tentang Proses Penerapan Manajemen Sekolah, Sistem Tata Kelola Sekolah, serta Landasan Sekolah Bermutu. 


Pada bagian ini, penulis memberikan penjelasan bahwa Penerapan Manajemen Sekolah dalam pelaksanaannya harus melibatkan seluruh pengelola pendidikan di sekolah yaitu kepala sekolah, Pendidik, komite sekolah, tokoh masyarakat setempat dan bahkan pakar pendidikan harus dilibatkan secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan. Disinilah proses pembelajaran itu berlangsung dan semua pihak saling memberikan kekuatan untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan sekolah.


BAB III : ASPEK MANAJEMEN SEKOLAH

Pada BAB ini, penulis menyajikan tentang Aspek-Aspek Manajemen Sekolah, serta Paradigma Baru Pendidikan.


Pada bagian ini, penulis memberikan penjelasan bahwa Dalam pengelolaan suatu lembaga pendidikan, manajemen sekolah merupakan suatu proses kegiatan yang terdiri dari berbagai kegiatan manajerial dan operasional guna mendukung tercapainya terlaksananya pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan secara efektif dan efisien. Pengelolaan disetiap aspek manajemen sekolah dengan efektif dan efisien merupakan hal yang mutlak supaya suatu lembaga pendidikan berkembang secara optimal dan dinamis.


BAB IV : MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Pada BAB ini, penulis menyajikan bahan bacaan tentang Pengertian Pembelajaran Berbasis ICT, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Berbasis ICT, Aplikasi Pembelajaran Berbasis ICT, serta Unsur Pengembangan pembelajaran.


Pada bagian ini, penulis memberikan penjelasan bahwa ICT (Information and Communication Technology) atau yang lebih dikenal dengan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengolahan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan social, ekonomi dan kebudayaan [British Advisory Council for applied Research and Development: Report on Information Technology; H.M. Stationery Office. 1980].


BAB V : IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MENAJEMEN SEKOLAH

Pada BAB ini, penulis menyajikan pembahasan mengenai Pengertian Sistem, Pengertian informasi, Konsep Sistem Informasi Manajemen dalam pendidikan.


Pada bagian ini, penulis memberikan penjelasan bahwa Berdasarkan pada elemen/komponennya sistem merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan teretentu (Jogiyanto, 2001). Jadi Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang berinteraksi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Komentar